No products in the cart.

Kontak Kami

Bandung: Jl. Soekarno-Hatta No.439, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235

Jakarta: Jl. Tebet Barat IX No.31, RT.4/RW.4, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

marketinglensolar@gmail.com

Residensial:
0812-9490-5991

Bisnis:
0853-1485-1300

Sejarah Penemuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berawal Dari Selenium Sampai Silikon

Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau akrab kita kenal dengan PLTS merupakan pembangkit listik yang memanfaatkan cahaya matahari untuk menghasilkan energi listrik. Matahari dikatakan sebagai sumber energi yang ketersediaan melimpah dan tidak terbatas, maka dari ini hal tersebut unggul dibanding penghasilan energi dengan menggunakan bahan bakar fosil. 

Pemanfaatan energi surya telah hadir sejak abad ke-7 sebelum masehi, bahkan disebutkan pada masa itu matahari menjadi suatu objek yang dihormati dan dipuja. Tahun 1839, fisikawan asal Perancis Edmond Becquerel menemukan efek fotovoltaik saat melakukan eksperimen dengan sel yang terbuat dari elektroda logam dalam larutan konduktor. Dalam eksperimen tersebut, Edmond menemukan sebuah sel yang menghasilkan lebih banyak listrik ketika terkena cahaya.  

Tahun 1873, Willoghby Smith menemukan senyawa kimia yang bernama selenium yang dapat berfungsi sebagai fotokonduktor. Berselang 3 tahun kemudian, William Grylls Adams dan Richard Evans Day menerapkan prinsip fotovoltaik yang ditemukan oleh Becquerel pada selenium. 

Pada 1883, hampir 50 tahun setelah penemuan efek fotovoltaik penemu Amerika Charles Fritz menciptakan panel surya selenium pertama dan berhasil menghasilkan listrik. Yang mana panel surya selenium itulah yang menjadi cikal bakal dari adanya penggunaan silikon dalam panel surya modern. 

Pada dasarnya, banyak fisikawan yang berperan dalam penemuan sel surya. Becquerel dikaitkan dengan pengungkapan potensi efek fotovoltaik dan Fritz dengan bener-bener menciptakan nenek moyang semua sel surya. 

Lalu pada tahun 1905, Albert Einstein menerbitkan sebuah makalah tentang efek fotolistrik dan bagaimana cahaya dapat membawa energi. Dengan tulisan tersebut Albert Einstein berhasil menarik perhatian dan membuat penerimaan penggunaan energi surya di banyak bidang.

Leave a Reply

C
A
L
C
U
L
A
T
O
R
Hitung Sekarang!

Daya Listrik Anda:

kW:

...

Luas Lahan Minimal:

...

Estimasi Penghematan:

...

Estimasi Harga:

...

*Harga sudah termasuk instalasi & penggantian kWh ekspor - impor di daerah Bandung & Jabodetabek.